Penerapan Metode Market Basket Analysis pada Minimarket Toko Baru

  • rizkybayunovrianto Universitas Muslim Indonesia
  • Muslim Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Toko Baru merupakan suatu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mengembangkan bisnis dibidang minimarket. Toko Baru selama ini hanya dijalankan pribadi oleh pemiliknya, pemasaran pun dilakukan secara sendiri dan manual. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mempermudah penjualan pada toko Baru adalah membuat suatu sistem yang digunakan untuk memenuhi persaingan dalam mengimplemasikan metode Market Basket Analysis (MBA).

Market Basket Analysis (MBA) merupakan salah satu metode atau teknik yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk lingkungan marketing. Metode ini digunakan untuk menentukan produk-produk manakah yang akan dibeli konsumen secara bersamaan dengan analisa terhadap daftar transaksi pelanggan yang dilihat pada support dan confident setiap barang.Hasil dari proses pencarian dengan software membuktikan bahwa hubungan yang terjadi antar item sangat penting dan kuat, karena ada pembelian satu item terkait pada item lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Fadhillah, Huzain Azis, and D. Lantara, “Validasi Pencarian Kata Kunci Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance Berdasarkan Metode Approximate String Matching,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 3–7, 2018.

L. Nurhayati and H. Azis, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan Struktural Pada Biro Kepegawaian,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–7, 2016.

Rosmasari et al., “Usability Study of Student Academic Portal from a User’s Perspective,” Proc. - 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol. Internet Things Ind. EIConCIT 2018, pp. 108–113, 2018.

H. Azis, R. D. Mallongi, D. Lantara, and Y. Salim, “Comparison of Floyd-Warshall Algorithm and Greedy Algorithm in Determining the Shortest Route,” Proc. - 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol. Internet Things Ind. EIConCIT 2018, pp. 294–298, 2018.

A. A. Karim, H. Azis, and Y. Salim, “Kinerja Metode C4.5 dalam Penyaluran Bantuan Dana Bencana 1,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 84–87, 2018.

A. Fitria and H. Azis, “Analisis Kinerja Sistem Klasifikasi Skripsi menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 102–106, 2018.

M. M. Baharuddin, T. Hasanuddin, and H. Azis, “Analisis Performa Metode K-Nearest Neighbor untuk Identifikasi Jenis Kaca,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 28, pp. 269–274, 2019.

N. Kurniati, I. S. Sitanggang, and I. Hermadi, “Optimasi Aturan Asosiasi Multidimensi menggunakan Algoritme Genetika untuk Klasifikasi Kemunculan Titik Panas Multidimension Association Rule Optimization using Genetic Algorithm for hotspot occurrence Classification,” vol. 4, pp. 42–52.

Published
2020-03-31
How to Cite
rizkybayunovrianto, & Muslim. (2020). Penerapan Metode Market Basket Analysis pada Minimarket Toko Baru. Indonesian Journal of Data and Science, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.33096/ijodas.v1i1.2