Implementasi Algoritma Goverment Standard (GOST) dalam Pengamanan File Dokumen

  • sugiarti sugiarti Universitas Muslim Indonesia
  • Mirnawati Universitas Muslim Indonesia

Keywords: Keamanan data, gost, kriptografi, enkripsi, dekripsi

Abstract

Dokumentasi dalam teknologi saat ini adalah hal yang tak dapat terlepas dari kebutuhan suatu lembaga atau instansi dimana dokumen adalah hal yang paling sering digunakan baik dalam bentuk dokumen manual maupun dalam bentuk file teks dalam komputer. Oleh karena itu,.keamanan data atau dokumen rahasia sangat dibutuhkan dalam bisnis maupun pribadi. Tetapi dalam pengiriman atau pengamanan file data yang bersifat rahasia masih kurang dalam sistem keamanan data. Maka dari itu perlu keamanan tambahan untuk proses penyimpanan file baik itu file yang di rasa pribadi maupun data dalam keorganisasian dengan menggunakan proses enkripsi dan deskripsi menggunakan metode Government Standard (GOST). Maka data penting dapat lebih terjaga dan dengan adanya aplikasi ini kita dapat mengenkripsi data untuk menjaga kerahasiaan file yang kita simpan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Visual Studio 2010.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Azis, “Network steganography system using covert channel for LSBS stego data on VOIP communication,” Int. J. Eng. Adv. Technol., vol. 8, no. 5, pp. 1448–1449, 2019.

H. Azis and F. Fattah, “Analisis Layanan Keamanan Sistem Kartu Transaksi Elektronik Menggunakan Metode Penetration Testing,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, p. 167, 2019.

A. Djamalilleil, M. Muslim, Y. Salim, E. I. Alwi, H. Azis, and Herman, “Modified Transposition Cipher Algorithm for Images Encryption,” Proc. - 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol. Internet Things Ind. EIConCIT 2018, pp. 1–4, 2018.

M. Nazeri, A. Rezai, and H. Azis, “An Efficient Architecture for Golay Code Encoder,” Proc. - 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol. Internet Things Ind. EIConCIT 2018, pp. 114–117, 2018.

F. Muharram, H. Azis, and A. R. Manga, “Analisis Algoritma pada Proses Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Advanced Encryption Standard (AES),” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 112–115, 2018.

Y. Salim and H. Azis, “Metode Digital Watermark Pada File Penelitian Dosen,” Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 2, pp. 161–166, 2017.

H. Azis and R. Wardoyo, “Penerapan Network Steganography Menggunakan Metode Modifikasi LACK Dan Layanan Message Authentication Code Pada Voip Network Steganography System with modification of LACK and Message Authentication Code on VoIP,” Semin. Nas. Komun. dan Inform., pp. 13–19, 2015.

Published
2020-07-31
How to Cite
sugiarti, sugiarti, & Mirnawati. (2020). Implementasi Algoritma Goverment Standard (GOST) dalam Pengamanan File Dokumen. Indonesian Journal of Data and Science, 1(2), 52-56. https://doi.org/10.33096/ijodas.v1i2.10